BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan
bahwasanya bimbingan merupakan suatu proses yang berkesinambungan,
suatu proses membantu individu, bantuan yang diberikan itu dimaksudkan agar
individu yang bersangkutan dapat mengarahkan dan mengembangkan dirinya secara
optimal sesuai dengan kemampuannya/ potesinya, kegiatan yang bertujuan utama
memberikan bantuan agar individu dapat memahami keadaan dirinya dan mampu
menyesuaikan dengan lingkungan.
Program bimbingan berisi rencana kegiatan yang akan
dilakukan dalam rangka pemberian layanan bimbingan dan konseling. Winkel (1991)
menjelaskan bahwa program bimbingan merupakan suatu rangkaian kegiatan terencana,
terorganisasi, dan terkoordinasi selama periode waktu tertentu.
B. Saran
1.
Untuk para calon pendidik atau guru sebaiknya
menambah Bimbingan dan Konseling dalam pengajaran atau pelatihannya, agar siswa
dapat terbantu dalam menyelesaikan masalah individu yang dialaminya.
2.
Kerjasama antara murid dan guru sangatlah
bermanfaat bagi hubungan antara guru dan murid secara pribadi agar murid akan
lebih terbuka dan tidak tertutup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar